Pohon kelapa berkontur batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. Daun merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak seperti daun majemuk.
     Bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 cm sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp.
     Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di daerah tropis. 
Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya, akan mengalami pelambatan pertumbuhan.
     Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. Sabut, bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.
Buah kelapa terdiri dari bagian‐bagian:
Gambar : komponen penyusun buah kelapa. 
   1. epicarp, yaitu kulit bagian luar yang permukaannya licin, agak keras, dan tebalnya + 1/7 mm;
   2. mesocarp, yaitu kulit bagian tengah yang disebut sabut terdiri dari serat‐ serat yang keras, tebalnya 3‐5 cm
   3. endocarp, yaitu bagian tempurung yang keras sekali, tebalnya 3 ‐ 6 mm, bagian ini melekat pada kulit luar dari biji atau endosperm
   4. endosperm atau putih lembaga, yang tebalnya 8 ‐ 10 mm. Di dalam buah terdapat organ khusus disebut “kentos” atau haustorium

Buah kelapa yang sudah tua (berdasar bobotnya)  terdiri dari 35% sabut, 12% tempurung, 28% endosperm dan 25% air.  Sedangkan endosperm mengandung 52% air, 34% minyak, 3% protein, 1,5% zat gula, dan 1 % abu. Air kelapa mengandung 2% gula, 4% zat kering dan zat abu.


Variasi Morfologi Buah
     1. Warna : hijau, kuning, coklat, orange (sering disebut merah)
     2. Bentuk : bulat, lonjong, panjang
     3. Sabut : manis shg dapat dimakan waktu muda, normal
     4. Endosperma (daging buah) :
lunak, 
jelly like (seperti lendir), 
berbutir, 
normal, 
tidak bertempurung,
tempurung pecah dan daging buah membusuk,
buah kecil dan endosperma sedikit, 
buah besar dengan endosperma besar
     Perlu diketahui bahwa air kelapa 4% (rata-rata 2%) yang terdiri dari sukrosa, glukosa dan fruktosa, 2,6 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, serta 0,46 % mineral.Komposisi air kelapa bervariasi tergantung dari tingkat ketuaan buah.

Dalam komposisi mineral, air kelapa memiliki kandungan potasium yang relatif tinggi dan kandungan sodium yang rendah.

     Jika dilihat dari komposisinya, air kelapa mengandung gula maksimum
Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok ("daging buah kelapa") adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan.     Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. 
     Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra.
     Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun demikian, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar. 
Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.
     Kandungan dari Daging Buah Kelapa tua mengandung kalori yang sangat tinggi, yaitu sebesar 359 kalori/100 gram nya; daging kelapa yang masih setengah tua mengandung kalori 180 kal/100 gram nya dan daging kelapa yang masih muda mengandung kalori sebesar 68 kal/100 gram. 
Sedangkan pada air kelapa nilai kalori rata-rata berkisar 17 kal/100 gram nya. Air kelapa hijau lebih banyak mengandung tanin atau anti racun yang paling tinggi
A.  Manfaat dan Khasiat Dari Air Kelapa Muda 
   1. Mengobati penyakit demam berdarah dengan meminumnya secara rutin dan teratur.
   2. Menghilangkan rasa lelah dan lesu akibat kegiatan yang padat.
   3. Mengobati perut cacingan pada tubuh anak-anak. Dengan menambahkan sedikit sari jeruk pada setiap gelas air kelapa muda. Sebaiknya diminum teratur 3x sehari.
   4. Memperlancar buang air kecil atau sebaliknya mengurangi lancarnya buang air kecil. Karena air kelapa muda berkhasiat untuk membersihkan saluran kemih.
   5. Pembasmi cacing pada saluran usus. Dengan meminum air kelapa muda dengan teratur 3x sehari ditambah 1 semdok teht minyak zaitun.
   6. Mencukupi kebutuhan cairan bagi ibu/wanita yang sedang hamil.
   7. Sebagai penetralisir untuk orang yang sedang mabuk yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu.
   8. Air kelapa muda disinyalir mengandung anti virus, anti bakteri, dan anti jamur yang sama seperti yang terkandung pada air susu ibu.
   9. Mampu menjaga fungsi pencernaan atau metabolisme dalam tubuh.
  10. Sebagai pereda mual-mual dan muntah-muntah.
  11. Disinyalir mampu memecah batu ginjal. Air kelapa berkhasiat melunakkan kerak dalam ginjal.
  12. Merupakan cairan isotonik yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh.
B.   Manfaat dan Khasiat Minyak Kelapa 
     1. Perawatan Kulit
Minyak kelapa ini bisa mencegah munculnya keriput dan kendur pada kulit, yang biasanya menyertai penuaan.Ini juga membantu dalam mencegah penyakit degeneratif penuaan dini karena sifat antioksidannya yang aktif. Hal ini juga membantu ndalam mengobati berbagai masalah kulit  termasuk psoriasis, dermatitis, eksim, dan juga infeksi kulit lainnya. Untuk alasan yang tepat, minyak kelapa juga dijadikan sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan tubuh, seperti sabun, lotion, dan krim yang digunakan untuk perawatan kulit.
     2. Perawatan Rambut
Minyak kelapa membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan membuat rambut Anda terlihat mengkilap. Ini juga sangat efektif dalam mengurangi kehilangan protein pada rambut, yang dapat menyebabkan rambut tampak kusam, kering, dan mudah rontok. Minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai minyak perawatan rambut, dan digunakan dalam pembuatan berbagai kondisioner, serta krim ketombe. Hal ini biasanya diterapkan pada hampir semua jenis perawatan rambut.
     3. Kesehatan Jantung
Mungkin ada kesalahpahaman yang tersebar di kalangan masyarakat bahwa minyak kelapa tidak baik untuk kesehatan jantung, alasannya karena minyak kelapa memiliki kadar lemak jenuh yang cukup besar. Pada kenyataannya, itu justru bermanfaat bagi jantung. Karena minyak kelapa ini mengandung sekitar 50% asam laurat, yang membantu aktif dalam mencegah berbagai masalah jantung, seperti kadar kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi. Minyak kelapa tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL, dan mengurangi insiden cedera, maupun kerusakan arteri, karena itu membantu dalam mencegah aterosklerosis. Penelitian menunjukkan bahwa asupan minyak kelapa dapat membantu untuk mempertahankan profil lipid yang sehata pada wanita pra-menopause.
     4. Berat Badan
Minyak kelapa sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Karena ini mengandung asam lemak yang membantu dalam pembakaran berat badan yang berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa juga bermanfaat untuk membantu mengurangi obesitas perut pada wanita. Hal ini juga mudah untuk dicerna dan membantu dalam fungsi sehat dari sistem tiroid dan endokrin. Selain itu, bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dengan menghilangkan kadar stress pada pankreas, sehingga bisa membakar lebih banyak energi dan membantu orang yang memiliki masalah obesitas. Oleh karena itu, sebagian besar orang yang tinggal di wilayah pesisir trops biasa menggunakan minyak kelapa setiap hari sebagai minyak goreng utama mereka, biasanya tidak memiliki masalah kegemukan, obesitas, atau kelebihan berat badan.
     5. Imunitas
Minyak kelapa ini juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, yang memiliki antijamur, antibakteri, dan antivirus. 
     6. Pencernaan
Fungsi internal dari minyak kelapa terjadi terutama karena digunakan sebagai minyak goreng. Ini membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan, dengan demikian dapat mencegah berbagai masalah pencernaan, termasuk sindrom iritasi usus besar. Lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang membantu dalam melawan berbagai bakteri, jamur, dan parasit yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini juga membantu dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, dan asam amino.

C. Manfaat dan Khasiat Virgin Coconut Oil 
     Virgin Coconut Oil diperoleh dari kernel kelapa yang segar dan matang dengan cara mekanis atau alami dengan atau tanpa pemanasan, yang tidak menyebabkan perubahan struktur minyak.
     VCO merupakan minyak stabil, minyak ini tidak mudah rusak dengan adanya panas serta tahan terhadap cahaya dan udara, jika dipanaskan akan menimbulkan asap pada suhu 198oC serta mengandung vitamin E (tokoferol) yang berperan menjaga kestabilan minyak dan melindungi ketengikan. 
     VCO dapat disimpan pada suhu kamar selama bertahun-tahun tanpa perubahan sifat. Minyak ini tidak mudah tengik karena kandungan asam lemak jenuhnya tinggi sehingga proses oksidasi tidak mudah terjadi. Namun bila kualitas VCO rendah, proses ketengikan akan berjalan lebih awal, hal ini disebabkan oleh pengaruh oksigen, keberadaan air, dan mikroba yang mengurangi kandungan asam lemak yang berada dalam VCO menjadi komponen lain. 
Sifat-sifat kimia dan fisika dari VCO yaitu:
tidak berwarna
beraroma khas kelapa
tidak larut dalam air
berat jenis 0,883 pada suhu 20oC
memiliki pH di bawah 7
tidak menguap pada suhu 21oC (0%)
titik cair 20-25oC
titik didih 225oC
kerapatan uap 6,91
tekanan uap 1 mmHg pada suhu 121oC
     VCO memiliki perbedaan dengan minyak kelapa (CNO), hal itulah yang menyebabkan VCO memiliki harga yang lebih mahal dan lebih banyak digunakan dibanding dengan minyak kelapa (CNO). 
Manfaat Virgin Coconut Oil
1. Membantu mengurangi resiko penyakit asteroklerosis
2. Mendukung sistem kekebalan tubuh
3. Membantu mencegah osteoporosis
4. Membantu mengendalikan penyakit diabetes
5. Penyedia sumber energi
6. Membantu menjaga kehalusan kulit
7. Mengurangi risiko kanker
8. Menghindarkan virus-virus membahayakan seperti herpes, hepatitis C dan HIV
9. Mengurangi berat badan
10. Memperbaiki sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi
11. Membantu mencegah penuaan dan pengkerutan kulit

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Top