KLASIFIKASI TANAMAN KENCUR
  • Kingdom   : Plantae
  • Divisi         : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas        : Monocotyledoneae
  • Ordo         : Zingiberales
  • Famili       : Zingiberaceae
  • Genus      : Kaempferia
  • Species    : Kaempferia galanga L
Kencur merupakan terna tahunan, berbatang basal tidak begitu tinggi, lebih kurang 20 cm. Tumbuh dalam rumpun. Daun tunggal, berwarna hijau dengan pinggir merah kecoklatan bergelombang. Bentuk daun jorong lebar sampai bundar, panjang 7 - 15 cm, lebar 2 - 8 cm, ujung runcing, pangkai berlekuk, dan tepinya rata. 
Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, sedangkan bagian bawah berbulu halus Tangkai daun pendek, berukuran 3-10 cm, pelepah terbenam dalam tanah, panjang 1,5 - 3,5 cm, berwarna putih. Bunga tunggal, bentuk terompet, panjang sekitar 2,5-5 cm. Benang sari panjang sekitar 4 mm, berwarna kuning. 
Putik berwarna putih atau putih keunguan. Akar serabut berwarna coklat kekuningan. Rimpang pendek berwarna coklat, berbentuk jari dan tumpul. Bagian luarnya seperti bersisik. Daging rimpang tidak keras, rapuh, mudah patah dan bergetah.Berbau harum dengan rasa pedas yang khas.
Di dalam kencur terdapat kandungan mineral dengan 13,73 %, pati (4,14%), minyak asitri (0,02%), juga terdapat ineol, asam metil, kanil, dan penta dekaan, juga asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphhene, dan banyak lagi. 
Seperti halnya tanaman obat dan rempah yang lain, kencur juga memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat untuk kesehatan, di antara manfaat-manfaat itu, yaitu: dapat mengobati batuk, mengobati asma, mengobati rematik, mengobati migraine, dan untuk melangsingkan tubuh. Selain itu, kencur juga bisa dijadikan jejamu, beras kencur merupakan salah satu produk dari rempah kencur yang telah terkenal dijadikan jamu khas kencur.

MANFAAT KENCUR
1.   Kencur sebagai obat kencing batu
Rimpang kencur yang sudah di cuci bersih dihaluskan dengan cara di parut2. Parutan kencur di cacah3. Sediakan dua rimpang kencur lalu di cuci sampaibersih4.campur dengan 1 gelas air yang hangat5. Parutan kencur yang sudah di campur air hangat di aduk-aduk sampai rata kemudian di saringuntuk di ambil airnya.6. Air saringan kencur di tambahkan dengan sedikit garam dapur 7. Air saringan kencur di mainum sampai habis 8. lakukan hal tersebut satu kali dalam sehari.

2.   Kencur Sebagai pengobat perut mulas 
1. Sediakan satu rimpang kencur 2. Cuci rimpang kencur sampai bersih3. Kencur yang sudah kita bersihkan tersebut di haluskan dengan cara di parut4. Hasil parutan kencur di bubuhi dua sendok makan air masak dan sedikit garam dapur 5. Lalu di ambil airnya dengan cara di saring dengan kain bersih lalu di minum6. Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali sehari.

3.   Kencur sebagai obat keseleo
1. Sediakan satu rimpang kencur lalu bersihkan2. Campurkan rimpang kencur dengan kesegenggam beras yang sudah direndam air lalu tumbuksampai halus kedua ramuan tersebut3. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo

4.   Kencur untuk mengobati penyakit diare
1. Sediakan dua rimpang kencur yang masih segar dan dua siung bawang merah2. Tumbuk kedua ramuan tersebut sampai halus3. Sediakan daun pisang untuk membungkus kedua ramuan yang sudah kita tumbuk tersebut4. Bakar kedua ramuan yang terbungkus dalam daun pisang di atas api untuk beberapa saat (jangan sampai gosong, hanya hangat)5. Lalu balurkan ramuan tersebut kebagian perut.

5.   Kencur untuk mengobati radang lambung
1. Siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari lalu di kupas dan di cuci sampai bersih lalu dikunyah didalam mulut. Lalu telan airnya, ampasnya di buang, kemudian minumlah segelas air putih dandiulangi sampai sembuh.Kencur untuk mengobati penyakit influenza1. Sediakan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus, lalu kedua ramuan ditumbuk halus kemudian di campuri beberapa sendok air hangat, lalu dioleskan seputar hidung.

6.   Kencur untuk mengobati masuk angin
1. Sediakan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari di kupas dan di cuci sampai bersih, lalu di makandengan di campur garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. Lakukan 2 kali sehari. 

7.   Kencur untuk obati sakit kepala
1. Siapkan 2-4 lembar daun kencur lalu di tumbuk halus, dioleskan ( dikompres/pilis ) pada dahi.

8.   Kencur untuk obati batuk
1. Sediakan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari untuk di parut kemudian ditambah 1 cangkir air hangat,diperas dan disaring. Ketika Di minum ditambah garam dapur secukupnya. Atau kunyahlah 1rimpang kencur sebesar ibu jari yang sudah di kupas. Airnya ditelan dan ampasnya dibuang.Lakukan tiap pagi secara rutin.  


Advertisement

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

 
Top