Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Kebutuhan air yang cukup banyak seringkali menimbulkan permasalahan bagi manusia, khususnya bagi masyarakat yang tinggal jauh dari sumber air atau berada di diatas sumber air. Padahal air tidak dapat dilepaskan dengan sektor pertanian, terutama tanaman padi sebagai sumber pokok pangan masyarakat Indonesia. Banyaknya lahan yang tadah hujan membuat pemamfaatan lahan tersebut kurang efektif dan efisien, karena kekurangan air.

Lahan yang tadah hujan hanya bisa bercocok tanam 1 kali dalam setahun, itupun masih sering gagal panen karena perkiraan curah hujan yang tidak tepat, sedangkan lahan yang dapat irigasi dapat bercocok tanam 3 kali dalam setahun.
Untuk memompa dan menaikkan air dari sumber air ke tempat yang di-inginkan masyarakat biasanya menggunakan : Pompa
Penggunaan pompa air ini masih mengalami kesulitan, antara lain tidak tersedianya sumber tenaga listrik atau sulitnya mendapatkan bahan bakar dan mahalnya biaya operasional pompa.
Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini berupa rancang bangun dengan pendekatan eksperimen, dimana hasil rancang bangun diperoleh melalui konsep penerapan langsung yang aplikatif terhadap sesuatu berupa sistem atau mekanisme alat. Kemudian hasilnya dapat diterapkan ke masyarakat melalui hasil rancang bangun dilanjutkan dengan pengamatan dan analisa terhadap kelayakan alat. 
Dimana alat ini dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah, ladang ataupun areal perkebunan yang butuh pasokan air, mengurangi biaya untuk bercocok tanam para petani, meningkatkan hasil pertanian, mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat yang tinggal lebih tinggi dari sumber air, dapat memamfaatkan lahan se-efektif dan se-efisien mungkin. 
Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan survei awal. 

Survei awal ini dilakukan untuk mengamati karakteristik daerah yang akan di pasang pompa air screw. 
Karakteristik yang harus diketahui ini diantaranya: tingkat pasang surut sungai, kedalaman air, kecepatan aliran sungai. 
Selanjutnya berdiskusi bersama untuk merancang dan menganalisa komponen. Rancangan alat ini disesuaikan dengan karakteristik sungai, ketinggian (head) dari sungai ke lahan persawahan yang akan di suplai air.
Pada perencanaan dan pembuatan screw pompa ini dipergunakan besi plat aluminium dengan tebal 2 mm untuk menghindari beban yang besar sehingga putaran yang dihasilkan akan lebih tinggi. 
Untuk rumah screw kincir  menggunakan besi plat dengan tebal 2 mm yang dibentuk sesuai kebutuhan dengan cara pengerolan. Komponen kelengkapan lainnya juga dipersiapkan sesuai kebutuhannya dan proses pembentukan dan penyambungan dilakukan dengan pengelasan. 
Dalam perencanaan diperlukan membuat gambar detail perencanaan. Proses pembuatan gambar detail ini dilakukan berdasarkan analisis dan penggunaan bahan yang dipilih. Gambar detail ini dibuat untuk memudahkan proses pengerjaan kincir sebagai tenaga penggerak pompa. Selanjutnya mengerjakan komponen alat yang dilakukan di work shop fabrikasi dan di tempat yang akan dipasang kincir, sesuai dengan gambar kerja. 
Proses pekerjaan yang dilakukan ini diantaranya : memotong, membentuk, mengelas, mengebor,membuat pondasi dan merakit. 

Pompa air screw yang dihasilkan memiliki kemampuan kerja yang sangat baik. Dengan kapasitas debit air yang dapat dipompakan sebesar 40 ltr/menit. Selain itu pompa air screw dapat bekerja terus menerus sehingga pompa dapat digerakkan selama kincir berputar.
Dengan kondisi ini air yang dipompakan secara terus menerus mengairi sawah yang berada pada dataran ketinggian dengan sudut elevasi sebesar 300 dan tinggi angkat dapat mencapai 10 m. Ketercapaian kondisi ini dengan kecepatan aliran yang konstan rata-rata 5 m/detik. 

Kegiatan ini telah dilakukan, rancang bangun pompa air screw yang dapat menggerakkan pompa air. Dengan menerapkan metode perancangan yang telah dikalkulasi dalam hasil perhitungan secara teoritis sehingga menghasilkan suatu model alat pompa air yang menggunakan screw. Implementasi hasil rancang bangun dan keterpakaian alat telah diuji langsung di lokasi penempatan pompa air screw ini dan sudah dapat difungsikan oleh masyarakat di daerah Nagari Koto Gadang Kecamatan Padang Gantiang Kabupaten Tanah Datar. 

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Top